Thursday, November 28, 2019

Kunci Menjadi Editor Lepas

Banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan uang, salah satunya menjadi editor lepas. Cara kerjanya asik, bisa dilakukan di mana pun, dan tidak terikat waktu (kecuali pemohon ingin segera selesai).

Anda bisa tawar menawar harga sebelum menjalankan tugas. Beberapa kesepakatan bisa Anda lakukan. Arti kata, lobi tingkat tinggi harus Anda kuasai jika ingin mendapatkan lebih.

Namun lebih jauh daripada itu, ada yang lebih penting yang harus Anda ketahui sebelum melakukan transaksi, yakni kepercayaan.

Iya, kepercayaan adalah nilai yang tidak terbantahkan. Hasilnya bisa lebih. Kuncinya bersabar. Caranya bagaimana!

Pertama, Iseng. Buat segalanya adalah 'iseng'. Memang risiko tertipu akan sangat besar, misalnya satu kasus penulis pernah mengedit suatu naskah dan penulisnya ternyata menerbitkan di tempat lain, belum lagi nama editor di hapus. Parahnya lagi, 25 persen sisa pembayaran sampai sekarang belum dibayar.

Apakah hal demikian membuat Anda rugi. Tentu tidak! Karena project yang lebih besar ternyata menunggu di depan, ini hanya masalah waktu. Anda tidak perlu marah-marah kepada penulis. Ucapkan saja terima kasih.

Logikanya kenapa seperti itu bisa Anda lakukan?

Karena nalar yang berasal dari Sang Pencipta ketika Anda berpikir, akan kembali kepada Anda. 'Iseng' bukan berarti Anda tidak serius ketika mengerjakan, tapi iseng dilakukan tatkala Anda siap menerima risiko dan bersiap pula menerima lebih banyak keuntungan di dalamnya.

Kedua, Aktif. Kerjakan karya orang lain yang benar-benar menginginkan naskahnya terbit. Percaya diri kuncinya. Untuk ini, alangkah baiknya Anda pernah membuat buku sendiri dan sudah diterbitkan. Jadi keyakinan pemohon akan semakin sempurna ketika daftar riwayat hidup Anda menyatakan bahwa Anda pernah menulis buku "....".

Ketiga. dan seterusnya adalah jujur. Saya tidak perlu menjelaskan tentang ini. Lakukan saja dan Anda akan menemukan jawabannya.

No comments:

Post a Comment